Jenis - Jenis Angin

Dalam Kehidupan ini ada beberapa jenis angin diantaranya sebagai berikut :

ANGIN TETAP

Angin tetap dibagi menjadi 2 (dua)
  1. Angin Passat adalah angin yang berhenbus terus menerus dari daerah maksimum subtropik ke daerah minimum khatulistiwa. Akibat adanya rotasi bumi maka dibelahan bumi utara terjadi angin passat timur laut dan dibelahan bumi selatan terjadi angin passat tenggara.
  2. Angin Anti Passat adalah kembalinya angin passat. Udara yang naik di daerah khatulistiwa setelah sampai di atas kemudian mengalir ke arah kutub dan turun di daerah subtropik.

ANGIN MUSIM

Angin bertiup arahnya selalu bergantian setiap setengah tahun sekali tergantung pada letak matahari. Angin muson yang terjadi di Indonesia adalah :
  1. Angin Muson Barat (Oktober sampai April) Matahari berada di belahan bumi selatan. Akibatnya Australia bertekanan udara rendah/minimum dan di Asia bertekanan udara tinggi/maksimum. Oleh karena itu mengalirlah udara dari Asia ke Australia. Di wilayah Indonesia sebelah utara khatulistiwa angin bertiup dari arah timur laut dan setelah melewati khatulistiwa angin berbelok ke kiri, sehingga menjadi angin muson barat laut. Karena melewati laut yang luas maka angin tersebut banyak mengandung uap airdan menyebabkan musim penghujan.
  2. Angin Muson Timur (April sampai Oktober) Matahari berada dibelahan bumi utara, maka tekanan udara di Asia minimum dan di Australia tekanan udaranya maksimum. Maka bergeraklah angin dari Australia ke Asia, karena belum melewati laut yang luas maka angin ini tidak mengandung uap air sehingga menyebabkan musim kemarau.

ANGIN LOKAL

Yaitu angin yang terjadi atau berhenbus di daerah tertentu
Macam - macam Angin Lokal :
  1.  Angin Darat adalah angin yang bertiup dari darat ke laut, terjadi pada malah hari
  2. Angin Laut adalah angin yang bertiup dari laut ke darat, terjadi pada siang hari
  3. Angin Gunung adalah angin yang bertiup dari gunung ke lembah, terjadi pada malam hari
  4. Angin Lembah adalah angin yang bertiup dari lembah ke gunung, terjadi pada siang hari
  5. Angin Fohn adalah angin yang turun dari lereng pegunungan. Angin ini bersifat panas dan kering

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement