Membuat Curriculum Vitae

Riwayat Hidup atau Curriculum Vite/Remuse adalah Catatan singat tentang gambaran diri seseorang yang merupakan sumber informasi bagi calon atasan. Selain berisi data pribadi gambaran diri tersebut meliputi keterangan tentang pendidikan /keahlian dan pengalaman. Dengan data itu riwayat hidup akan mereflesikan gambaran kemampuan atau kualifikasi seseorang.

Dari penampilannya riwayat hidup tidak mempunyai format yang standar. Akan tetapi yang jelas riwayat hidup ditulis seperti keterangan singkat, dan apabila diamati lebih lanjut termasuk ke dalam surat keterangan pribadi. 


Isi riwayat hidup dapat dikembangkan atas 4 atau 5 sub judul, yaitu :

Data pribadi

Berisi nama,alamat, nomor telepon yang bias dihubungi, faksimili. Bila usia menjadi syarat utama, sebutkan tempat dan tanggal lahir anda.

Riwayat pendidikan

Dari sekolah tingkat lanjutan ke atas TK dan SD tidak perlu dicantumkan

Pengalaman bekerja

Sebutkan pengalaman yang menguntungkan dan mempunyai cerita baik, bila pengalaman kerja anda sudah lebih dari 10 tahun maka pekerjaan awal tidak perlu diterangkan panjang lebar, usahakan ditulis dalam satu kalimat pendek. Lupakan pengalama kerja yang tidak menyenangkan, atau terlalu pendek jangka waktunya seperti 2 minggu atau sebulan, Alasan meninggalkan pekerjaan tidak selalu dicantumkan

Keterangan lain

Segala sesuatu yang tidak diperoleh melalui pendidikan formal, melainkan melalui pengalaman atau kursus-kursus yang tergolong pendidikan non formal.

Referensi pribadi

Didalam referensi tidak usah mencantumkan References available on request, karena hal itu hanya mencari masalah. Akan tetapi siakan referensi bila benar-benar diminati/diperlukan. 

Beberapa hal yang harus diperhatikan agar CV dapat diandalkan

  1. Jangan dibuat diatas kertas folio bergaris, karena ini sangat tidak professional dan berkesan asal-asalan
  2. Ketik dengan rapih , lebih baik lagi dibuat dengan bantuan computer, dengan tinta hitam, diatas uter, dengan tinta hitam, diatas tas polos tanpa motif.
  3. Jangan terlalu penuh hiasan dan terkesan genit
  4. Bila anda melamar dalam bidang kreatif hiasan dengan sentuhan garis
  5. Simpel, menarik dan berbeda adalah tiga hal yang perlu di perhatikan oleh mereka yang ingin melamar dibidang kreatif dan juga bidang lain.
  6. Setiap surat lamaran harus disertai CV asli, bukan foto copy.
  7. Setiap bagian perlu diberi penanda yang jelas
  8. Gunakan tipe huruf /fonts yang mudah dibaca seperti : Arial, Century Gothic, Comic Sans, Garamond, atau Times New Roman. Hindari huruf yang melingkar-lingkar seprti Lucida Hand Writing, Tempus. Sedangkan untuk besar huruf jangan lebih dari dua belas point untuk teks. Untuk judul maksimal empat belas
  9. Bila diminta. Sertakan foto 4x6 baik hitam maupun berwarna.
  10. Buatlah CV dalam bahasa inggris, bila iklan lamaran kerja dalam bahasa tersebut.
  11. Mintalah dosen, teman, atau keluarga yang mahir bahasa inggris untuk mengecek ejaan, tata bahasa, dan pilihan kata dari CV anda
  12. Sebaiknya hindari bentuk CV yang telah disediakan oleh template computer. 
  13.  

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement