Pengertian dan Sejarah Komputer

Komputer merupakan alat elektronik yang banyak digunakan oleh masyarakat dunia pada abad ini, Karena Fungsi dan Manfaat yang ada pada komputer ini sehingga orang lebih memilih komputer dibandingkan dengan alat elektronik yang lainnya, komputer sendiri biasa digunakan pada perkantoran, sekolah, Bank, dll. Penggunaannya sangat bermacam-macam, salah satu fungsi komputer untuk perkantoran yaitu untuk membuat dokumen dan perhitungan dengan menggunakan aplikasi yang ada di komputer itu sendiri.

LEPTOP

Sebelum kita belajar lebih jauh mengenai alat elektronik komputer alangkah baiknya kita mengerti apa itu komputer ? penjelasannya ada dibawah ini.

PENGERTIAN KOMPUTER


Komputer dalam bahasa Yunani berarti computare yaitu menghitung sehingga pengertian komputer secara bahasa adalah sebuah alat yang melakukan proses perhitungan aritmatika. Pengertian komputer secara bendawinya adalah sebuah alat eletronik yang mampu untuk melaksanakan pengolahan berbagai macam informasi seperti teks, suara ataupun gambar yang menghasilkan output yang kita mau. Pengertian lain dari komputer adalah mesin berhitung eletronik yang dapat diprogram. Secara umum pengertian komputer secara umum adalah peralatan eletronika yang menerima masukan data, mengolah data dan memberikan hasil keluaran dalam bentuk informasi baik berupa gambar, teks, suara maupun video.

Pengertian Komputer menurut DINUS adalah serangkaian ataupun sekelompok mesin elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu sistem kerja yang rapi dan teliti yang kemudian dapat dipergunakan untuk melaksanakan serangkaian pekerjaan otomatis, berdasarkan urutan instruksi ataupun program yang diberikan kepada komputer Pengertian yang ada memberi arti bahwa komputer mempunyai 2 atau lebih yang saling bekerja sama dan bagian bagian tersebut hanya mampu bekerja apabila terdapat aliran listrik yang mengalir pada komputer. Pengertian Komputer berdasarkan Wikipedia adalah alat yang digunakan dalam mengolah data berdasarkan prosedur yang sudah dirumuskan.

Pengertian Komputer Menurut Robert H. Blissmer adalah suatu alat elektronik yang mempunyai kemampuan melakukan berbagai tugas seperti menerima input, memproses input, menyimpan perintah perintah dan menyediakan output dalam bentuk informasi.

Pengertian komputer menurut Sanderes adalah sistem eletronik yang memiliki kemampuan memanipulasi data dengan cepat dan benar serta didesain dan diatur agar secara otomatis menerima dan menyimpan data yang dimasukkan (input), memproses serta menghasilkan keluar (output) dibawah pengawasan sistem operasi yang bertugas mengawasi langkah langkah instruksi program. Output tersebut selanjutnya disimpan dalam media penyimpanan.

Pengertian komputer menurut Wiliam dan Sawyer ialah mesin multiguna yang dapat diprogram, menerima masukan data dan melakukan proses ataupun memanipulasi ke dalam bentuk informasi sehingga dapat kita gunakan.

Pengertian komputer menurut Elias M. Awad bahwa komputer adalah sebuah alat hitung yang dapat memproses data sehingga dapat diperlihatkan dalam bentuk data digital dan data analog. Pengertian Komputer menurut Wiliam M.Fuori adalah suatu alat yang melakukan proses terhadap data yang dapat secara cepat melakukan perhitungan besar, termasuk perhitungan aritmetika, operasi logika tanpa adanya campur tangan manusia. Berkembangnya komputer memunculkan beberapa istilah seperti perangkat keras komputer atau hardware, perangkat lunak komputer (program/software) serta pengguna komputer atau brainware.

SEJARAH KOMPUTER

Generasi pertama dalam perkembangannya dimulai pada masa masa perang dunia kedua tahun 1941. Saat itu Insinyur Jerman, Kondrad Zuse membuat komputer yang bernama Z3 yang digunakan dalam mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Kemudian Inggris mengembangkan komputer yang bermanfaat sebagai pemecah kode rahasia Jerman yang dinamakan Colossus pada tahun 1943.

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement