Pengertian Microsoft Word

Microsoft Office adalah salah satu paket softwere aplikasi pengolah kata dibawah platform Microsoft Office, Microsft Word biasa digunakan untuk membuat Laporan keuangan, Pengetikan, Membuat Amplop dll, adapun lembar kerja Microsoft Word yaitu sebagai berikut:

  1. Title Bar adalah baris yang terdapat diatas layar yang sedang aktif 
  2. Menu Bar adalah baris yang terdapat dibawah baris judul. Menu-menunya berguna untuk member serta memilih perintah yang ingin digunakan. Bagian-bagian dari Menu Bar sebagai berikut :

Fungsi Tab Home pada Microsoft Word



  • Paste adalah untuk menempelkan hasil copy atau cut dari sebuah tulisan atau gambar, perintah paste dapat dilakuakn dengan cara CTRL + V atau dengan menggunakan klik kanan kemudian paste.
  • Cut adalah untuk memotong teks/objek yang terpilih.
  • Copy adalah untuk menggandakan teks/objek terpilih untuk penggunaannya bisa mengguanakan CTRL + C atau klik kanan kemudian copy.
  • Format Painter adalah digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya.
  • Font digunakan untuk memilih jenis font yang akan digunakan.
  • Font Size digunakan untuk mengatur ukuran huruf.
  • Grow Font untuk memperbesar ukuran huruf secara instan.
  • Shrink Font untuk memperkecil ukuran huruf secara instan.
  • Change Case untuk mengubah status huruf capital/huruf kecil.
  • Clear Formatting untuk mengahapus pemformatan teks terpilih.
  • Bold untuk menebalkan teks terpilih, yaitu dengan cara CTRL + B.
  • Italic untuk memiringkan teks terpilih, dengan cara CTRL + I.
  • Underline untuk memberikan gasir bawah pada teks terpilih, dengan cara CTRL + U.
  • Strikethrough untuk memberikan tanda coret pada teks terpilih.
  • Subscript untuk mengetik karakter pemangkatan.
  • Superscript untuk mengetik karakter pemangkatan.
  • Text Effect untuk memberikan efek artistic pada teks terpilih.
  • Text Highlight Color untuk memberikan warna Stabilo di belakang teks terpilih
  • Font Color untuk mengatur warna text terpilih.
  • Bullets untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraph terpilih.
  • Numbering adalah untuk memberikan format penomoran di tiap paragraph.
  • Decrease Indent untuk menggeser baris kedua paragraph ke kiri.
  • Increase Indent untuk menggeser abris kedua ke kanan.
  • Sort untuk menyortir data.
  • Show Paragraph Marks untuk menampilkan/ Menyembunyikan tanda koreksi paragraph.
  • Align Text Left untuk mengatur text rata kiri
  • Center untuk mengatur text rata tengah
  • Align Text Right untuk mengatur text rata kanan.
  • Justify untuk mengatur text rata kanan-kiri.
  • Line and Paragraph Spacing untuk mengatur jarak antara baris teks.
  • Shading untuk mengatur warna latar text terpilih.
  • Border untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih
  • Heading Style berisi pilihan format penjudulan paragraph terpilih.
  • Change Style berisi pilihan pengaturan tema paragraph
  • Find untuk mencari kata tertentu berdasarkan input keyword tertent dalam suatu file.
  • Replace untuk mencari dan menggati kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file.
  • Select digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file

Fungsi Insert pada Microsoft Word



  • Cover Page untuk memberikan sampul pada halaman 
  • Blank Page untuk menyisipkan halaman kosong dengan format dan desain standar
  • Page Break untuk memutuskan halaman dan berlanjut pada halaman berikutnya.
  • Table untuk menyisipkan format table secara otomastis sesuaibaris dan kolom yang diseleksi.
  • Insert Table untuk menyisipkan table secara manual
  • Draw Table untuk mengatur style table secara manual
  • Covert Text To Table untuk mengkonverensi teks menjadi table dan untuk menyisipkan objek table.
  • Excel Spreadsheet untuk menyisipkan lembar kerja dari Microsoft Excel ke lembar kerja Microsoft Word.
  • Quick Tables untuk menyisipkan jenis table sesuai dengan yan tersedia di Microsoft Word
  • Picture untuk menysipkan objek gambar dari direktori yang tersimpan dalam computer.
  • Clip Art adalah untuk menyisipkan Clip Art atau gambar yang telah disediakan atau yang ada pada direktori lainnya.
  • Shapes adalah untuk meyisipkan objek shape atau berbagai jenis dan bentuk pada document.
  • Smart Art untuk menyisipkan objek struktur organisasi. Flow Chart dan sebagainya pada halaman yang sedang dikerjakan.
  • Chart untuk menyisipkan objek grafik pada halaman
  • Hyperlink untuk menghubungkan teks ke alamat website atau pada file lain yang ada di komputer.
  • Bookmark untuk menghubungkan bagian naskah dengan bagian lain yang ada pada dokument.
  • Cross-reference untuk menghubungkan teks dengan objek (table, gambar, footer, halaman, dan lain-lain) yang menjadi bagian naskah dalam dokumen yang sama.
  • Header untuk menambahkan teks/objek pada bagian header atau atas yang akan tampil pada semua halaman yang ada.

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement