Manfaat Sedekah

Sudahkah anda bersedekah ?

Sedekah adalah memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain tanpa mengaharapkan suatu imbalan apapun kecuali mengaharapkan pahala dari Allah swt. Sebagai contoh memberikan sejumlah uang kepada fakir miskin, mengisi kotak amal jariyah di masjid, member makan dan member pakaian kepada anak yatim piyatu, dll.

amal-jariyah

Itulah salah satu bagian dari sedekah, sedekah itu tidak dituntut memberikan bayak ataupun sedikit akan tetapi yang paling penting yaitu keikhlasan dari hati. Oleh karena itu keiklasan sangtalah penting dalam ibadah apabila kita tidak ikhlah dalam beribadah maka ibadah kita akan tertolak atau tidak akan mendapatkan apa-apa. Terlebih –lebih jika kita melakukan beribadah hanya untuk dipandang sebagai orang yang dermawan dan gengsi saja itu akan mengakibatkan ibadah kita terbuah sia-sia. Sebagaimana firman Allah swt yang artinya :

“Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapat bagian”.

Ketentuan Sedekah :

• Pemberi sedekah
• Penerima Sedekah
• Barang yang disedekahkan
• Ijab dan Qabul
• Ikhlas

Syarat Bersedekah :

• Mempunyai kelebihan harta benda.
• Ikhlas dan rela karena Allah semata.
• Tidak menceritakan sedekahnya kepada orang lain
• Tidak menyakiti orang yang menerimanya.

Sedekah pada dasarnya adalah sunah (jika melakukannya akan mendapat pahala dan jika tidak melakukannya maka tidak berdosa), namun sedekah dapat menjadi wajib. Artinya bersedekah mendapat pahala dan jika tidak bersedekah maka ia akan mendapat dosa. Sebagai contoh : ada sebuah orang yang hampir mati kelaparan dijalanan karena tidak mempunyai uang untuk membeli makanan maka kita wwajib untuk bersedekah atau memberikan sesuatu kepadanya.
Sedekah itu juga dapat menjadi haram (Jika bersedekah mendapat dosa dan jika tidak bersedekah maka mendapat pahala). Sebagi contoh : Memeberi uang untuk berjudi dan berzina, membeli minuman keras dan lain sebagainya. Allah juga menjanjikan kepada orang-orang yang beramal jariyah itu dapat pahala walaupun yang beramal iu sudah meninggal dunia asalkan harta itu dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama.
Sebagaimana sabda Rasullulah saw, yang sudah banyak disebutkan di mana-mana yang artinya :

“Apabila anak adam (manusia) meningal dunia, putuslah semua amalnya, kecuali karena tiga perkara, yaitu sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak sholeh yang mendoakan ibu bapaknya.” 
 ( H.R. MUSLIM )

Hadist diatas menerangkan bahwa salah satu amal yang dapat menolong manusia di akherat kelak adalah amal jariyah atau sedekah jariyah, bersedekah itu tidak harus menggunakan uang, harta atau makanan, namun dengan perbuatan itu juga bisa dikatakan sebagai sedekah, misalnya member senyum kepada saudara atau orang, menyingkirkan batu dijalan, dll. Oleh karena itu marilah kita memperbanyak sedekah agar apa yang menjadi cita-cita semua orang dapat kita wujudkan yaitu mendapatkan kebahagiaan dunia dan akherat, di samping itu Allah menjanjikan kepada orang-orang yang melakukan sedekah dengan ikhlas akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

Manfaat Sedekah

1. Mendidik orang untuk tidak bersifat kikir, sombong, riya, dan serakah.
2. Meringankan beban kesulitan orang yang memerlukan pertolongan.
3. Menghilangkan jurang pemisah antara si kaya dan si miskin.
4. Mempererat tali persaudaraan.
5. Memupuk rasa persatuan dan kesatuan sesame manusia.
6. Menentramkan dan menyejukan hati dari kehidupan bermasyarakat

Demikianlah artikel tentang sedekah semoga anda selalu bersedekah di jalan yang benar dan tentunya ikhlas tidak mengharaptkan sesuatu imbalan apapun, karena inlah salah satu kunci untuk meraih kebahagiaan dunaia dan akherat.

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement