Sejarah Kerajaan Samudra Pasai

SEJARAH KERAJAAN SAMUDRA PASAI

Berdirinya Kerajaan Samudra Pasai

Kerajaan samudra Pasai merupakan kerajaan Islam pertama di Indonesia. Samudra Pasai mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Marah Silu. Sultan Marah Silu bergelar Sultan Malik Al Saleh.


Pemerintahan dan Perkembangan Sosial Ekonomi

Raja-raja yang pernah memerintah di Kerajaan Samudra Pasai adalah sebagai berikut :

Sultan Malik Al Saleh

Sultan Malik Al Saleh merupakan Raja pertama Kerajaan Samudra Pasai. Malik Al Saleh berusaha meletakan dasar pemerintahannya berdasarkan Islam. Beliau berusaha mengembangkan kerajaanya dalam bidang perdagangan. Pada masa pemerintahannya Kerajaan samudra pasai berperan dalam perdagangan di nusantara karena :
  •  Hasil lada yang melimpah
  • Letak samudra Paasai sangat strategis
  • Pudarnya kekuasaan kerajaan Sriwijaya dan Perlak
Sebagai kerajaan yang memiliki hubungan dengan Dinasti Fatimah di mesir, Samudra Pasai menganut Madzab Syafi’I. Sebagai pelabuhan transito dan hasil ladanya Samudra Pasai banyak disinggahi kapal-kapal asing. Sebagai contoh singgahnya Marcopolo dari Venesia Italia dan Ibnu Batuta dari Maroko.

Sultan Malik Al Tahir I

Nama Sultan Malik Al Tahir adalah Sultan Muhammad putra dari Sultan Malik Al Saleh. Sultan Malik Al Tahir I berusaha meneruskan cita-cita ayahnya mengembangkan perdagangan.

Sultan Malik Al Tahir II

Nama aslinya adalah Sultan Ahmad. Sultan Malik Al Tahir II memegang teguh ajaran Islam bahkan aktif menyebarkan Islam ke daerah sekitar Kerajaan Samudra Pasai mulai surut karena persaingannya dengan Bandar Malaka. Pada tahun 1522 Kerajaan Samudra Pasai diduduki Portugis. 

Demikian sekilas sejarah mengenai kerajaan samudra pasai semoga daat bermanfaat dan daat menambah wawasan anda tentang sejarah kerajaan-kerajaan di indonesia.

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement