Penampilan yang sesuai Ketika Wawancara

Penampilan yang sempurna tidak dapat menjamin anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Tetapi jangan sampai busana yang apa adanya, berkesan tidak peduli akan penampilan, atau yang berlebihan membuat anda kehilangan kesempatan kerja, karena dianggap melebihi standar yang diharapkan oleh calon atasan. Padahal mereka belum tahu siapa sebenarnya anda dan apa yang dapat anda lakukan untuk keuntungan perusahaan.

Pada saat wawancara yang singkat adalah satu-satunya saat atasan menilai kepribadian anda, salah satunya melalui penampilan. Jadi istilah “dress for success” sangatlah relevan. Melalui penampilan efisien, penguasaan dan rasa percaya diri dapat tercemin, dan di mata atasan hal ini diartikan sebagai profesionalisme. Untuk kesempurnaan penampilan, pelajari dulu lingkungan perusahaan yang anda lamar sebulah hari H.

Beberapa bidang usaha atau profesi tertentu memiliki “Dress Coae” atau cara berpakaian yang tidak tertulis. Pelajari dan mulailah merencanakan penampilan yang sesuai dan beri sentuhan pribadi anda. Penampilan untuk wawancara yang sempurna yang sempurna harus nyaman, mencerminkan kepribadian dan membantu anda merasa diterima di lingkungan pekerjaan yang dilamar.

Rapih an Bersih

Apapun yang anda kenakan harus dalam keadaan bersih dan rapi. Tidak perlu membeli busana baru yang penting cuci dan seketika rapi sebelum dipakai. Kebersihan pribadi juga harus diperhatikan. Mandi dan pakailah deodorant. Bila terbiasa pakai parfum, pakailah secukupnya. Perhatikan bau nafas. Hindari makanan penyeab bau mulut seperti bawang putih. Sikat gigi atau berkumur dengan obat kumur, dan jangan lupa membuang permen karet sebelum wawancara. Perhatikan kerapian rambut ikat rambut atau sanggul jika rambut anda panjang.

Blazer dan Rok

Pasangan ini sangat cocok untuk dikenakan saat wawancara. Pilih model klasik dengan motif garis kecil atau polos dari bahan yang tidak mengkilat dalam warna-warna pilihan anda. Untuk menghindari kusut, carilah busana yang terbuat dari bahan campuran seprti katun dengan polyster. Selain membuat busana tetap rapi campuran serat ini juga nyaman dipakai di udara yang panas. Panjang rok selalu bervariasai tapi untuk amannya, gunakan rok yang panjangnya melebihi ujung jari saat anda berdiri dengan tangan disisi tubuh.


Blus yang bagus

Kenakan blus lengan panjang. Hindari blus pendek tanpa lengan. Pilih bahan natural seprti katun atau sutra untuk kenyamanan. Walaupun tidak ada batasan dalam memilih warna, cobalah memadankannya dengan rok atau blazer agar penampilan lebih serasi. Sedangkan untuk model, yang klasik seperti blus kancing depan merupakan pilihan yang tepat.

Aksesoris

Scraf dapat menambah gaya penampilan. Tapi hindari warna dan bahan yang sama dengan blus serta motif polkadot besar. Sebaiknya kenakan scraf sutra dalam warna dan motif yang menonolkan keindahan busana anda. Tidak perlu melepas cincin kawin pertunangan Anda. Jangalah mengenakan aksesoris yang berlebihan seperti anting gantung atau gelang kaki. Bila ingin mengenakan gelang dan kalung, pilih model sederhana tanpa ada inisial nama.

Kaki Indah

Sepatu tertutup dengan model konservatif berhak tiga sampai lima cm merupakan pilihan terbaik. Pilih warna yang kontras atau sepadan dengan busana agar penampilan anda semakin menarik. Biru tua, burgundy, hitam, dan coklat merupakan pilihan. Warna yang aman untuk dipadukan. Bila harus menggunakan stocking pilih warna kulit atau hitam yang tipis. Untuk berjaga-jaga bawa selalu stocking ekstra di tas anda.

Tas Kerja vs Tas Sandang

Pilih salah satu jangan membawa keduanya. Bila anda harus memperhatikan hasil pekerjaan tas kerja dapat menunjukan profesionalisme dan anda dapat memasukan barang-barang keperluan seperti dompet dan lainnya di tas kecil yang dapat disimpan dalam tas kerja.

Make Up

Pilih warna-warna natural. Bila anda tidak terbiasa menggunakan lipstick jangan menggunakannya. Cukup sapukan sedikit lip gloss untuk kesan bibir yang sehat. Gunakan parfum atau cologme seprlunya. Pemakaian yang berlebihan dapat membuat orang lain terganggu, terlebih bila mereka alergi terhadap wewangian tertentu.

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement