Tolak Ukur Atau Indikator penggolongan Negara Maju dan Negara Berkembang

Indikator yang digunakan dalam menentukan atau menggolongkan Negara sebagai Negara maju atau berkembang sebagai berikut :

Pendapatan Berkapita

Pendapatan berkapita merupakan tolak ukur terpenting dalam menentukan / mengukur tingkat kesejahteraan rakyat suatu Negara. Negara maju rata-rata pendapatan perkapitanya diatas 10. 000 Dollar AS, sedangkan Negara berkembang 1000 Dollar AS.

Jumlah Penduduk Miskin

Tingkat kesejahteraan rakyat suatu Negara daPat dilihat dari angka kemiskinan. Suatu Negara dikatakan makmur/sejahtera bila rakyatnya yang hidup miskin berjumlah sedikit saja.

Tingkat pengangguran

Salah satu cirri yang membedakan Negara maju dan Negara berkembang adalah tingkat pengangguran yaitu di Negara maju tingkat pengangguran rendah sebaliknya di Negara berkembang tingkat pengangguran tinggi.
Di Negara maju umumnya angka kematian bayi dan ibu melahirkan rendah. Hal ini disebabkan penduduk mampu membeli pelayanan kesehatan dan obat-obatan yang memadai sedangkan di Negara berkembang angka kematian bayi dan ibu melahirkan tinggi karena penduduk tidak mampu membeli pelayanan kesehatan dan obat-obatan yang memadai karena pendapatan rendah.

Angka Melek Huruf

Angka melek huruf menujukkan jumlah penduduk yang dapat membaca dan menulis. Suatu Negara dikatakan maju apabila angka melek hurufnya tinggi/angka buta hurufnya rendah. Selain indicator tersebut diatas, masih terdapat indicator untuk membedakan Negara maju dan Negara berkebang seperti : pendidikan, usia harapan hidup dan lain-lain. 


Penggolongan Negara maju dan berkembang didasarkan pada beberapa criteria, misalnya politik yang dianut, mayoritas agama yang dianut atau tingkat kemajuan ekonomi dan teknologinya. Penggolongan berdasarkan tingkat kemajuan ekonomi dari teknologi menghasilkan kelompok Negara sebagai berikut :

Kelompok Negara pertama

Adalah kelompok Negara kapitalis seperti : Amerika Serikat, dan Negara Eropa Barat

Kolompok Negara Kedua

Adalah kelompok Negara sosialis seperti Rusia dan Eropa Timur

Kelompok Negara Ketiga

Adalah kelompok Negara sedang berkembang seperti : Negara-negara di Amerika Latin, Afrika dan Asia (Kecuali Jepang

Pengukuran Negara Maju dan Berkembang

Ukuran yang digunakan untuk menentukan Negara maju atau Negara berkembang sebagian besar ditinjau dari sudut pandang ekonomi. Ukuran yang digunakan antara lain sebagai berikut :
  1. Pendapatan perkapita pertahun bagi setiap penduduk
  2. Jumlah tenaga kerja pada sector lapangan kerja primer
  3. Penggunaan sumber tenaga mesin dan listrik yang ukurannya disesuaikan dengan penggunaan minyak bumi sebagai sumber tenaga.
  4. Ukuran-ukuran lain seperti usia harapan hidup, konsumsi makanan dan tingkat buta huruf

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement