Pengertian dan Macam-Macam Potensi Diri

Pengertian potensi Diri

Potensi berasal dari kata bahasa Inggris to potent yang berarti keras/kuat juga potensi berarti kekuatan, kemampuan baik yang sudah maupun yang belum terwujud, tetapi belum optimal. Dalam kamus bahasa Indonesia potensi adalah kemampuan-kemampuan dan kualitas-kualitas yang dimiliki seseorang, namun belum dipergunakan secara maksimal. 
Dengan demikian potensi merupakan suatu daya yang dimiliki oleh manusia, tetapi daya tersebut belum dimanfaatkan secara optimal. Karena itu yang menjadi tugas berikutnya bagi manusia yang berpotensi adalah bagaimana mendayagunakan potensi tersebut untuk merai prestasi dunia akhirat.

Secara umum, potensi dapat diklarifikasikan sebagai berikut :
  1. Kemampuan dasar, misalnya : tingkat intelegensi, kemampuan abstrak, logika dan daya tangkap.
  2. Sikap kerja, misalnya : ketekunan, ketelitihan, tempo kerja dan daya tahan terhadap tekanan.
  3. Kepribadian. Yaitu pola menyeluruh semua kemampuan, perbuatan serta kebiasaan seseorang baik jasmaniah, rohaniah, emosional dan social.
Potensi merupakan salah satu pembeda antara individu satu dengan yang lainnya, Contohnya : A adalah orang yang jujur, B adalah orang yang setia dan C adalah orang yang cerdas. Bahwa seseorang tidak memiliki potensi yang sama, yang penting adalah bagaimana mendayagunakan potensi tersebut untuk meraih prestasi. Prestasi itu akan terwujud jika kita mampu menggali berbagai potensi diri, baik di bidang akademis maupun nonakadamis.

Macam Macam potensi diri

Bahwa sebenarnya setiap potensi merupakan nilai lebih yang dimiliki oleh seseorang. Walaupun demikian tidak ada manusia yang sempurna yang memilki kelebihan dalam segala hal dibandingkan orang lai. Disinilah kita memahami bagaimana kedudukan manusia sebagai makhluk social yaitu makhluk yang tidak mungkin memenuhi segala kebutuhan hidupnya tanpa kehadiran atau bantuan orang lain. Secara umum potensi manusia dapat dibedakan menjadi berbagai macam- macam antara lain:

  1. Potensi fisik merupakan organ manusia yang dapat digunakan dan diberdayakan untuk berbagai kepentingan dalam memenuhi kebutuhan hidup
  2. Potensi mental intelektual yaitu merupakan potensi kecerdasan yang menghitung, merencanakan sesuatu, dan sebagainya.
  3. Potensi social Emosional merupakan potensi kecerdasan yang ada pada otak manusia sebelah kanan. Potensi ini berfungsi antara lain : untuk mengendalikan amarah, tanggung jawab, motivasi , dll
  4. Potensi mental spiritual merupakan potensi kecerdasan yang bertumpu pada bagian dalam diri kita yang berhubungan dengan kearifian diluar ego atau jiwa sadar
  5. Potensi ketahanmalangan merupakan potensi kecerdasan manusia yang bertumpu pada bagian dalam diri kita yang berhubungan dengan keuletan, ketangguhan dan daya juang yang tinggi.
Agar peluang dapat terwujud secara optimal maka potensi tersebut harus didayagunakan, yaitu dengan :

Ambisi

Manusia mesti memilki ambisi karena dengan ambisi inilah dapat mendorong orang untuk berusaha meraih keinginanya.

Orang harus selalu mengasah potensi dasar yang dimiliki agar menjadi suatu kemampuan atau kelebihan yang dapat dijadikan modal untuk meraih sukses

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement