PENGERTIAN PRESTASI DIRI

Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas, untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa.


PENGERTIAN PRESTASI DIRI


Menurut kamus Besar Indonesia 'prestasi' adalah sebagai hasil yang dicapai dari aa yang sudah dikerjakan atau sudah diusahakan . Seseorang dianggap berprestasi bila dia telah meraih sesuatu dari apa yang sudah diusahakannya, baik melalaui belajar, bekerja, berolahraga dan sebagainya. prestasi itu merupakan wujud dari pengembangan potensi diri. Jadi prestasi dapatdiraih setelah seseorang mengerahkan daya dan upaya kemampuan, intelektual, emosional, spiritual, ketahanan diri dan dalam berbagai bidang kehidupan.

Konsep diri yang melekat pada orang yang berprestasi adalah konsep diri positif, yang mampu mengolah, menangkap dan memberdayakan diri secara rasional, proporsional serta efektif dan effisien. perlu dipahami bahwa prestasi merupakan hasil usaha keras , bukan dari tanpa usaha. Contoh para atlit tingkat dunia, karena kerja keras dan berjiwa besar mereka dapat menorehkan prestasi di masa datang dan mendapatkan suatu penghargaan. penghargaan itu hanya merupakan simbol dari pengakuan masyarakat terhadap prestasi. Bentuk penghargaan itu bermacam-macam, Contoh : piagam, piala, mendali, uang dan sebagainya. Yang paling berharga adalah pengakuan itu sendiri.


SIKAP POSITIF UNTUK BERPRESTASI DEMI KEUNGGULAN BANGSA


Bahwa konsep diri yang positif  merupakan cara berfikir dan olah diri seseorang yang berpengaruh besar dalam proses meraih prestasi. Di samping faktor lain, Contoh : bantuan orang lain, lingkungan dan sebagainya. Bahwa faktor diri sendiri merupakan faktor yang utama yang mampu mewujudkan apa yang terjadi harapannya. Untuk menjadi orang sukses kita tidak boleh putus asa  harus penuh optimis dan percaya diri walaupun mendapat cobaan dari orang lain. Selain itu mereka hendaknya menganggap kegagalan bukan merupakan akhir kesuksesan. Tetapi justru mereka berani moncoba dan berani mengambil resiko aapa yang terjadi. Maka dengan berkaca kegagalan itu kita berani lagi mencoba untuk bisa sukses.

Menurut AA. Qowiy agar dapat berprestasi ada 10 sikap positif, yaitu :

  1. Tegar menghadapi kesulitan
  2. Dapat mengambil hikmah kesulitannya
  3. Gigih mencari ilmu
  4. Berani mengambil resiko
  5. Tenang dalam bertindak
  6. Membiasakan bekerja keras
  7. Menjalin kerja sama saling menguntungkan 
  8. Menikmati indahnya kesulitan
  9. Tekun berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  10. Mengembangkan sikap tawakal

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement