Pengertian Globalisasi dan Faktor Faktor Penyebabnya

PENGERTIAN GLOBALISASI

Istilah globalisasi berasal dari bahasa inggris globe yang berarti dunia atau bola dunia. Globalisasi adalah suatu proses mendunia dimana semua peristiwa <politik, ekonomi, budaya, sosial> yang terjadi dibelahan dunia telah mempengaruhi kehidupan masyarakat diseluruh dunia.

Globalisasi adalah suatu proses dimana antar individu, antar kelompok dan antar negara saling berinteraksi, bergantung dan bergantungan satu sama lain yang melintas batas negara.
Globalisasi memberi kenyataan pada kita bahwa antara belahan yang dengan yang lain terasa dekat. Hal ini terjadi karena kemajuan bidang teknologi, komunikasi, informasi dan transportasi.



Dari pengertian diatas, beberapa kata kunci yang menjadi unsur dari pengertian globalisasi adalah :
  1. Adanya saling ketergantungan, keterkaitan dan saling mempengaruhi
  2. Meliputi berbagai bidang yaitu politik, ekonomi, sosial budaya dan teknologi
  3. Melintas Batas Negara

Faktor- Faktor penyebab Mneingkatnya Globalisasi 

Sikap ketergantungan dalam segala aspek kehidupan semakin nyata di era globalisasi. Hal ini dipengaruhi adanya beberapa faktor yang dapat mendukung semakin meningkatnya globalisasi.

Faktor - faktor penyebab meningkatnya globalisasi, antara lain :
  1.  Adanya Aliran Informasi yang Cepat dan Luas
    Teknologi komunikasi dan informasi yang semakin canggih membuat hubungan antar manusia semakin mudah, makin faximile, televiasi kabel dan digital, mail elektrik serta internet membuat individu dapat mengakses informasi dengan cepat, baik informasi dari dalam maupun luar negri. Hal ini mendukung tingginya interaksi antara individu diseluruh dunia sehingga terjadi saling mempengaruhi antara masyarakat atau antara negara diseluruh dunia
  2. Adanya Kemajuan Teknologi Informasi
    Teknologi transportasi yang mutakhir dan semakin canggih mempermudah dan mempercepat untuk menjangkau suatu daerah yang sulit, pesawat bermesin jet dapat dipergunakan untuk membawa penumpang dari satu negara ke negara lain dalam waktu yang pendek. 
Tersedianya sarana transportasi yang semakin canggih dapat mempercepat terjadinya perubahan perekonomian suatu negara bahkan bidang-bidang kehidupan lain misalnya politik, sosial dan budaya.

Referensi : Modul PKN

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement