Sebab - Sebab Meningkatnya Globalisasi

Meningkatnya globalisasi disebabkan beberapa faktor, antara lain :
  1. perubahan politik dunia

    Bahwa perubahan politik ini terutama disebabkan oleh runtuhnya komunisme ala soviet yang berpuncak pada bubarnya negara Uni soviet pada tahun 1991. Juga karena munculnya mekanisme pemerintahan internasional dan regional. Misalnya negara Uni Eropa yang merupakan bentuk pemerintah internasional. Selain itu juga karena munculnya berbagai organisasi antarpemerintahan dan organisasi nonpemerintahan internasional, contoh : IGOs, INGOs. 

  1. Adanya Aliran Informasi yang Cepat dan Luas

    Dengan penyebaran teknologi informasi juga memudahkan orang mengenal orang lain walaupun ditempat yang jauh. Misalnya berita-berita tentang runtuhnya Tembok Berlin, terpilihnya Nelson Mandela sebagai presiden Afrika Selatan, meninggalnya Ratu Diana, dll. Dalam pergeseran ke cakrawala berfikir globalisasi orang semakin merasa bahwa tanggung jawab sosial tidak berhenti pada level nasional tapi sekarang menjadi tanggung jawab bersama.
  2. Berkembang pesatnya perusahaan - perusahaan transnasional

    perusahaan transnasional adalah perusahaan yang memproduksi barang dan jasa di lebih satu negara. perusahaan seperti ini bisa berupa perusahaan kecil dan besar yang memiliki satu atau dua pabrik di negara-negara lain. perusahaan transnasional merupakan jantung perekonomian global. Karena dua pertiga perdagangan global berasal dari perusahaan - perusahaan ini.

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement