Sikap terhadap Globalisasi dan Resikonya

Sikap terhadap Globalisasi dan Resikonya

Bahwa globalisasi akan membawa resiko masyarakat global. Ada resiko yang berasal dari luar misalnya : kekeringan, gempa bumi, badai topan dan sebagainya. Resiko yang dihasilkan dari globalisasi yaitu resiko yang dihasilkan dari dampak ilmu pengetahuan dan teknologi dari pabrik yang berupa resiko lingkungan dan kesehatan.

Polusi Lingkungan

Dalam pemakaian energy akan menciptakan masalah-masalah besar bagi lingkungan hidup. Pemerintah telah berupaya untuk membatasi pencemaran atmosfir maupun pencemaran lingkungan dari limbah industry.

Kesehatan

Karena banyaknya zat kimia ke atmosfir, maka lapisan ozon semakin tipis maka sinar ultraviolet banyak menembus ke bumi dan mengakibatkan kanker kulit. Juga karena teknik pertanian dan produksi makanan modern dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi, teknik pertanian dari pestisida dan herbisida dapat menghasilkan makanan yang kuran sehat.

Resiko Masyarakat Global

Resiko yang dialami masyarakat global yaitu seluruh rangkaian perubahan yang saling berkaitan dalam kehidupan masyarakat kontenporer, misalnya :
- Adanya perubahan pola pekerjaan
- Meningkatnya ketidakamanan pekerjaan
- Mundurnya pengaruh tradisional
- Memudarnya pola keluarga tradisional
- Terjadinya demokrasi hubungan pribadi

Post a Comment

0 Comments

Ad Code

Responsive Advertisement